211811_kemenkesPelatihan Rumah Sakit | Diklat Rumah Sakit-Pelayanan dan kualitas tenaga medis rumah sakit di Indonesia perlu ditingkatkan agar lebih baik lagi. Apalagi, jika rumah sakit itu adalah rumah sakit besar yang menjadi pusat rujukan utama seperti RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita.Menurut Menkes Prof Dr dr Nila Moeloek, Sp.M(K), rumah sakit tersier atau yang menjadi pusat utama rujukan, peningkatan kualitas dan inovasi pelayanan penting untuk dilakukan. Itu bisa dicapai dengan melakukan terobosan baru seperti memanfaatkan dunia maya, membentuk telekardiologi, dan mendapat sertifikat akreditasi internasional dari Joint Commission International (JCI).

“Saya memberikan tantangan kepada RSJPD Harapan Kita yaitu JCI. Sudah ada 19 rumah sakit pemerintah dan swasta yang memperoleh JCI,” kata Menkes Nila saat memberi sambutan di peringatan hari ulang tahun RSJPD Harapan Kita, Jakarta pada Sabtu (15/11/2014).

Akreditasi internasional dari JCI diperoleh oleh rumah sakit berdasarkan keselamatan pasien, mutu pelayanan, dan standar manajemen rumah sakit.

“Sebagai Pusat Jantung Nasional dan rumah sakit tersier perlu diupayakan JCI ini. Mengingat juga RSJPD Harapan Kita adalah pusat kegiatan untuk pelatihan, penelitian, dan pendidikan,” lanjut Menkes Nila.

Tak hanya peningkatan kualitas layanan rumah sakit besar atau tersier, Menkes Nila juga memfokuskan perhatian pada rumah sakit primer yaitu puskesmas dan rumah sakit sekunder atau regional.

“Perilaku hidup bersih dan sehat harus dimulai dan diberikan edukasinya dari rumah sakit primer atau puskesmas. Kemudian, pada tahun 2015 kita berharap dapat meningkatkan kualitas rumah sakit sekunder atau regional sebagai rujukan jika ada penyakit yang tidak bisa ditangani di puskesmas,” kata Menkes Nila.

Sebelumnya beberapa RS yag sudah mendapatkan akreditasi internasional antara lain RSCM; Eka Hospital BSD; RS premiere Bintaro; RS Premiere Jarinegara; RSUP Sanglah; RS Premiere Bandung; RSUP Fatmawati; RS Pondok Indah Puri Indah; JEC Kedoya; Eka Hospital Pekanbaru; Santosa Hospital Bandung; Siloam Lippo Village; Eka Hospital Pekanbaru; RSPAD Gatot Soebroto; RSUP dr Sardjito Yogyakarta dan 4 RSU Awal Bros di Bekasi, Tangerang, Pekanbaru, dan Batam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *