Rumah Sakit (RS) Pendidikan PKU Gamping bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Universitats Klinikum Munster (UKM)/University Hospital of Munster Jerman akan mendirikan pusat penanganan kardiovaskuler dan kanker secara holistik dan komprehensif. Hal itu dikemukakan Ketua MPKU (Majelis Pelayanan Kesehatan Umat) Yogyakarta dan juga Direksi RS PKU Muhammadiyah Gamping Ahmad Faesol di ASRI Medical Centre Yogyakarta, Jum’at (2/5) dalam jumpa pers Indonesia -Germany Health Care Conference Cardiovascular and Cancer Care  Yogyakarta yang akan berlangsung 3-4 Mei.

Menurut dia, penanganan kanker dan kardiovaskuler nantinya selain  pelayanan di rawat jalan juga di rawat inap. Namun untuk menjadikan Pusat Penanganan Kanker dan Kadiovaskuler membutuhkan persiapan yang tidak sedikit. Dia berharap pada tahun 2016 hal itu sudah bisa terealisir.  Untuk Pusat Penanganan Kardiovaskuler tentu saja harus ada tempat tersendiri.

Coordinator Director of The Compehensive Cancer Center Minister Jorg Haier  mengatakan University Hospital of Munster Germany adalah salah satu universitas dan rumah sakit di Jerman yang salah satu layanan unggulannya adalah bidang kardiovaskuler dan kanker.

”Kami membawa tim yang akan memberikan keterampilan dan wawasan umum kepada dokter, dokter spesialis , perawat, bidan dan dosen pendidik dalam memberikan pelayanan dan perawatan kanker dan kardiovaskuler termasuk pencegahan dengan pemeriksaan dini terhadap kanker dan kardiovaskuler,”kata dia.

Menurut Faesol, tim dari Jerman akan memberikan ilmunya dalam workshop yang menjadi pembuka dari rangkaian Rakernas MPKU yang diselenggarakan d Asri Medical Centre Yogyakarta. MPKU ini diikuti oleh seluruh rumah sakit, institut pelayanan kesehatandan rumah sakit pendidikan milik Muhammadiyah  se Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *