Pelatihan Day Care-Keberadaan keluarga sebagai tempat pendidikan pertama dan utama bagi anak telah lama diakui oleh semua kalangan. Namun saat ini peran keluarga sebagai wahana pendidikan pertama dan utama semakin tergantikan oleh lembaga pengasuhan seperti Taman Penitipan Anak (TPA) atau Day Care.

Dengan demikian peran pendidik TPA dalam mendidik karakter anak sangat penting sehingga pembinaan karakter pendidik PAUD menjadi hal yang strategis, penting, dan mendasar. Para orang tua mempercayakan sepenuhnya pendidikan anaknya kepada para pengasuh TPA atau Day Care. Kehadiran lembaga TPA atau Day Care menjadi kebutuhan bagi setiap orang tua yang bekerja di luar rumah. Hal ini berarti bahwa peran TPA atau Day Care sebagai wahana pengasuhan anak menjadi sangat vital dan dibutuhkan. Oleh karena itu diperlukan kualitas layanan pengasuhan yang memadai pada setiap TPA atau Day Care.

Guna meningkatkan kualitas manajemen dan layanan Day Care, Pemerintah Indonesia telah menerbitkan sebuah pedoman teknis tentang cara menjalankan pusat pengasuhan anak sebagai acuan program Day Care sebagai salah satu layanan Pendidikan Anak Usia Dini. Tetapi fakta di lapangan menunjukkan bahwa penyelenggaraan Day Care di Indonesia masih mengalami keterbatasan dalam hal jangkauan pelayanan, jenis pelayanan, dan kesenjangan kebutuhan esensial anak.

Baca Juga : Pelatihan Pengelolaan Bisnis Day Care

Berkaitan dengan hal tersebut dibutuhkan pelatihan atau bimbingan teknis (Bimtek) Day Care Ramah Anak. Pada Pelatihan Day Care Ramah Anak ini nantinya akan difokuskan untuk para pendidik TPA karena pendidik TPA dituntut untuk mampu memberi contoh dan menjadi teladan karakter bagi anak-anak. Kebiasaan bertutur kata dan berperilaku baik seorang pendidik TPA dilihat langsung oleh anak-anak dan menjadi contoh bagi mereka. Karena itu pendidik TPA harus berkarakter kuat, agar mampu membentuk anak didik yang berkarakter kuat pula, dan bersikap penuh kasih sayang agar anak tidak mengalami kekerasan.

Dalam Pelatihan Day Care Ramah Anak, penyampaian materi pelatihan merupakan tahapan awal yang bertujuan untuk membekali para pengasuh Day Care dengan teori pengasuhan ramah anak. Penyajian teori pada Pelatihan Day Care, pengasuhan ramah ini dilaksanakan oleh tim pelaksana pengabdian sebagai fasilitator dan satu fasilitator dari unsur praktisi pendidikan anak usia dini.

Cakupan materi Pelatihan Day Care Ramah Anak meliputi materi tentang hakekat Day Care sebagai layanan pengasuhan ramah anak, hak dan masalah tumbuh kembang anak, dan pendidikan tanpa kekerasan.

Jadwal Pelatihan Day Care

Angkatan 1, 6-7 Januari 2022
Angkatan 2, 3-4 Februari 2022
Angkatan 3, 10-11 Maret 2022
Angkatan 4, 7-8 April 2022
Angkatan 5,18-19 Mei 2022
Angkatan 6, 23-24 Juni 2022
Angkatan 7, 7-8 Juli 2022
Angkatan 8, 4-5 Agustus 2022
Angkatan 9, 1-2 September 2022
Angkatan 10, 6-7 Oktober 2022
Angkatan 11, 10-11 November 2022
Angkatan 12, 15-16 Desember 2022

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Pelatihan / Bimbingan Teknis (BimTek) Day Care dapat menghubungi Admin Kami 0812-1501-7910

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *